Seperti Ini Ukuran Ideal Kandang Close House Modern, Dapat Dijadikan Standar

Kandang close house dipilih sebagai tipe kandang yang tepat bagi sektor ternak ayam broiler atau ayam pedaging. Lantas, kira-kira berapa sih ukuran ideal kandang close house modern? Nah, untuk itu simak pembahasan di bawah ini ya!

Kandang Close House

Kandang close house merupakan sistem kandang tertutup dimana memberikan keamanan dan kenyamanan bagi ayam demi menciptakan kondisi optimum untuk pertumbuhan ayam. Pada kandang tipe ini baik suhu, temperatur, kelembapan, kecepatan angin, dan pencahayaan dapat diatur dan dikontrol sesuai dengan kebutuhan ayam. 

Tipe kandang ini juga dapat meminimalisir terjadinya heat stress yang sering menimpa ayam di wilayah tropis akibat suhu udara luar yang terlalu tinggi. Kandang close house ini bahkan diketahui mampu meningkatkan produkivitas dan perfoma ayam.

Ukuran Kandang Close House

Apabila Anda ingin membuat kandang close house, sebenarnya diperlukan pertimbangan yang matang karena kandang clouse house sederhana tidak hanya berupa kandang terbuka  lalu ditutup kemudian dikatakan kandang close house.

Nyatanya, terdapat aturan mengenai ukuran kandang ayam sehingga tidak dirumuskan asal-asal seperti lebar dan panjang kandang yang tidak sesuai dengan semestinya.  Dalam hal ini, ukuran kandang close house ideal ialah 12 x 120 meter dimana di dalamnya terdapat peralatan lengkap dan memadai demi kebutuhan hidup ayam.

Kandang close house sederhana
Ilustrasi : ukuran ideal kandang close house modern.

Namun, di Indonesia sendiri kandang tipe clouse house juga didirkan dengan beragam ukuran. Misalnya di Jawa Tengah terdapat kandang berukuran 24 m x 74 m (1.800m2) dengan tiga lantai. Ataupun di Jawa Barat terdapat kandang close house berukuran 16 m x 105 m (1.680m2) dengan tiga lantai juga.

Kecepatan Angin pada Kandang

Kecepatan angin dalam kandang ini sangat dipengaruhi oleh luas penampang kandang dimana semakin luas kandang maka akn membutuhkan kipas yang banyak. Namun, apabila kandang semakin lebar hal ini tidak berpengaruh pada kecepatan angin yang sama. 

Berdasarkan COBB Broiler Guide, kecepatan angin maksimal yang ada di dalam kandang ialah 3-4 meter/detik dimana kecepatan aliran udara pada kandang close house ini bisa diukur menggunakan windmeter.

Kecepatan angin ini sangat berpengaruh pada suhu lingkungan dimana semakin tinggi kecepatan angin, maka akan semakin baik dalam menurunkan suhu yang dirasakan oleh tubuh ayam. Secara umum, Standar kecepatan angin close house yang paling sering dijadikan patokan dalam kandang tipe close house ialah sebesar 2,5 m/s.

Biaya Pembuatan Kandang Close House

Pembangunan kandang close house dengan ukuran standar misalnya 12 x 120 meter untuk 2000 populasi ayam umumnya menghabiskan dana sekitar 1,7 hingga 2 miliar rupiah dimana sudah lengkap dengan seluruh komponen kandang clouse house. Dalam hal ini, apabila konstruksi menggunakan besi, kandang close house mampu bertahan hingga 20 tahun. Sementara  itu, apabila konstruksi menggunakan kayu yang berkualitas maka kandang close house dapat bertahan hingga 15 tahun.

Sebenarnya, besaran investasi ini cukup menjanjikan dimana diperkirakan bahwa BEP akan tercapai setelah 3 tahun. Dengan kandang close house ini bahkan terdapat efisiensi biaya dimana Anda bisa menghemat hingga Rp500/ekor apabila dibandingkan dengan kandang open house.

Jika Anda suka dengan artikel ini, pas banget, karena di dalam web blog ini ada banyak artikel yang membahas seputar peternakan, silahkan dijelajahi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai kandang clouse house, terutama terkait ukuran ideal kandang close house modern. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi apabila Anda tertarik membuat kandang close house bagi peternakan ayam Anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

2 komentar

  1. Kapasitas kandang klos per M2

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Close House sendiri Lebih besar Kapasitasnya di bandingkan Open House mas...untuk closehouse bisa sampai 14-15 ekor per m2

      Hapus

Posting Komentar