Begini Cara Membuat Kandang Close House Modern Ayam Broiler, Wow!

Sistem kandang closed house merupakan salah satu jenis kandang yang sering digunakan dalam peternakan unggas, terutama ayam broiler. Dalam hal ini, apabila Anda ingin produktivitas dan keamanan dalam beternak ayam yang tinggi, maka jenis kandang ini ialah pilihan yang tepat. Untuk itu, pada bahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat kandang close house modern ayam broiler.

Sebelum membahas mengenai cara pembuatan kandang closed house ada baiknya kita mengetahui pengertian dari kandang sistem clouse house. 

Apa Itu Clouse House?

Jadi, close house merupakan suatu kandang tertutup dimana memberikan jamiann keamanan secara biologis pada ternak didalamnya yang memiliki pengaruan pada ventilasi, suhu, kelembapan, pencahayaan, bahkan kecepatan angin yang dapat diatur agar menjaga ternak terhindar dari stress atau kepanasan akibat suhu luar.

Bagaimana Prinsip Kandang Clouse House?

Prinsip kandang clouse house yaitu memberikan persediaan udara yang sehat untuk ayam dimana menyediakan udara berisi oksigen sebanyak mungkin dan mengurangi gas berbahaya seperti karbondioksida ataupun amonia.

Prinsip selanjutnya yakni, menyediakan iklim yang nyaman dengan mengeluarkan panas dari tubuh ayam pada lingkungan sekitar serta menurunkan suhu udara yang masuk agar tidak panas.

kandang close house modern untuk ayam broiler
Ilustrasi : cara membuat kandang close house modern yang bagus dan oke.

Stuktur Umum Kandang Closed House

Adapun komponen yang harus ada pada kandang clouse house ialah:

  1. Bangunan kandang
  2. Kipas/fan
  3. Dinding dan tirai
  4. Cooling pad
  5. Lighting system
  6. Control panel dan sistem elektrik
  7. Kontroller
  8. Tunnel
  9. Unit pendukung

Itulah struktur umum yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kandang close house modern.

Cara Membangun Kandang Close House

Dalam membangun kandang clouse house dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Memilih lokasi kandang yang ideal dimana mampu memberikan kemudahan bagi pekerja serta memberikan kenyamanan ayam dalam melakukan aktivitas rutin seperti makan, minum, tumbuh ataupun berproduksi;
  2. Lokasi yang baik hendaknya memiliki sistem drainase yang baik, jauh dari bangunan lain dan aman dari gangguan hewan liar;
  3. Mengatur jarak kandang antara kelompok umur yang sama yakni 5-8 meter sedangkan jarak kandang antara kelompok umur berbeda yakni 10-20 meter;
  4. Melakukan persiapan pada kelengkapan kandang terutama sistem ventilasi yang terdiri dari fan, evaporative cooling pad, controller, dan tirai kandang.
  5. Pembuatan ventilasi udara yang berfungsi menyaring udara dari luar menuju dalam kandang. Ventilasi yang baik dapat menjamin kenyamanan ayam sehingga membantu efisiensi makanan, kesehatan maupun pertumbuhan;
  6. Memasang seluruh komponen kandang dan memastikan bahwa seisi kandang tertutup;
  7. Melakukan instalasi dan memastikan bahwa sistem kipas, cooling pad, insulator, security system ataupun controller dapat berfungsi dengan baik;
  8. Memastikan bahwa lubang masuk dinding samping yang terbuka sama dengan kapasitas kipas sehingga udara di dalam kandang nyaman bagi ayam.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam membangun kandang close house. Syarat utama dalam kandang close house ini ialah memastikan bahwa kandang benar-benar tertutup dengan seluruh kondisi lingkungan dapat dikendalikan melalui sistem mulai dari suhu, kelembapan, kecepatan angin hingga pencahayaan.

Adapun untuk biaya kandang closed house sederhana ini adalah sekitar Rp60.000 hingga Rp70.000/ekor sehingga total biaya dapat Anda kalikan dengan jumlah ayam yang ingin dipelihara.

Apabila Anda suka dengan artikel ini, silahakn baca artikel lainnya di blog ini yang membahas mengenai peternakan ayam broiler. Sebab disana banyak artikel bagus yang siap memuaskan otak Anda.

Baik, itulah beberapa bahasan mengenai cara membuat kandang close house modern ayam broiler. Semoga bermanfaat!

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar